Rabu, Desember 12, 2012

Manfaat dan Kelebihan Mendownload dengan Torrent

Jika anda ingin tahu lebih dulu apa itu torrent,
Anda bisa pahami dulu DISINI


Tentu saja semua ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya pribadi.

Meskipun mendownload dengan IDM sudah begitu populer, paling lazim dan paling banyak diburu para penggila download, tapi mendownload dengan torrent ternyata juga punya kelebihan tersendiri. Misalnya:


Pertama: Nyaris tidak ada istilah padat server.
Ibarat gerbang sebuah gedung, jika banyak orang berebutan ingin masuk, maka proses untuk menerobos masuk akan menjadi tersendat-sendat. Bahkan bisa tidak mungkin sama sekali. Karena kita terhalang untuk menembus jalur karena padatnya orang berdesakan. Begitulah lebih kurang jika kita mendownload dengan cara biasa selain pada server torrent, yang lazimnya dengan menggunakan downloder IDM, Orbit, FDM, DownthemAll. Atau melalui fitur download bawaan pada browser. Artinya jika banyak orang mengakses atau mendownload sebuah file, maka kecepatan download menjadi berkurang. Server menjadi padat akses.

Tapi lain halnya dengan torrent. Justru semakin banyak orang yang mendownload sebuah file pada server torrent, malah semakin bagus, semakin cepat proses download. Karena prinsip dari torrent adalah saling berbagi sesama para pendownload. Setiap yang mendownload sekaligus akan mengupload file yang didownloadnya. Ini mirip dengan ketika anda butuh bantuan, maka ramai-ramai banyak orang berebut membantu anda. Artinya semakin banyak jumlah pengguna torrent, maka juga akan semakin kencang proses download yang akan anda lakukan. Selengkapnya tentang hal ini lebih jauh bisa anda pelajari DISINI.


Kedua: Kinerja internet relatif lebih stabil

Ini yang semula sangat mengherankan saya saat pertama mendownload dengan Torrent. Saat itu saya mendownload sebuah game besar PES 2012. Beban filenya lebih dari 6 GB. Tapi anehnya proses online saya sama sekali nyaris tidak terganggu. Kecepatannya tidak menurun walaupun pada saat yang sama saya juga sedang mendownlod sebuah file yang besar. Lain halnya dengan ketika saya mendownload dengan IDM. Kecepatan download dengan IDM, saya akui belum ada duanya dibanding downloader lain yang sejenis. Tapi sayangnya, saat proses download terjadi, kinerja internet saya menjadi menurun drastis untuk browsing. Dan itu berlangsung sampai proses download dengan IDM selesai. Artinya proses download dengan torrent, tidak menyedot bandwidth secara monopoli seperti yang terjadi pada IDM, dimana alokasi bandwidth utama lebih dikerahkan untuk proses download, sehingga aktivitas online lain menjadi tersendat-sendat. Menjadi lola.


Ketiga: Bisa mendapatkan file-file besar

Sejauh pengalaman saya, jarang situs-situs penyedia download gratis yang menyediakan file-file besar untuk didownload. Rata-rata hanya dibawah 1 GB. Baik terhadap file software, game maupun untuk file-file video dan lagu. Tapi dengan torrent, jangankan dalam hitungan 1 GB, sampai dengan puluhan GB, juga ada. Ketika misalnya situs download biasa hanya menyediakan software, game, driver, dan lagu hanya maksimal dengan paket tertentu, tapi pada situs torrent, justru ada yang menyediakan satu file sekali download secara lengkap. Misalnya kumpulan semua software tertentu, kumpulan semua driver laptop dan PC, kumpulan album lagu seorang penyanyi atau grup dari awal sampai akhir. Dan itu bisa didownload secara cuma-cuma, sudah lengkap dengan serial number atau keygennya dalam satu paket.


Keempat: Download bisa disambung dalam jangka waktu lama

Rata-rata pada banyak downloader saat ini memang sudah tersedia fitur untuk menyambung download. Tapi sejauh pengalaman saya, tidak semua file yang kita download bisa disambung sampai berhari-hari terlalu lama. Adakalanya saat kita akan menyambung proses download, link downloadnya sudah expire alias sudah tidak berlaku lagi. Mesikipun proses download sebelumnya sudah sampai pada angka 90%. Tapi karena linknya dinyatakan sudah expire, maka kita benar-benar tidak bisa lagi untuk menyambungnya. Harus mulai lagi dari awal. Sayang bukan?

Nah itulah bedanya dengan torrent. Saya pribadi pernah mendownload sebuah software dan game, baru selesai saya download tuntas selama 15 hari. Karena selain filenya sangat besar, sudah belasan GB, saya melakukannya juga bersambung secara berkala sesuai kesempatan saya untuk online.


Kelima: File download jarang diprotek

Ini kelihatannya spele. Tapi sangat menjengkelkan. Yaitu masalah proteksi terhadap file file yang kita download. Sering kali diluar dugaan kita saat akan menggunakan sebuah software, game atau pun lagu, tau tau tidak bisa dibuka, karena file tersebut diprotek dengan password. Sedangkan situs tempat kita mendownload kadang tidak mencantumkan passwordnya. Bahkan jiika dicantumkan, sering kali kita lupa memperhatikannya. Akibatnya saat kita membutuhkannnya, kita jadi repot mencari-cari situs tersebut kembali untuk mendapatkan passwordnya. 

Itulah bedanya dengan torrent. 
Sejauh yang saya alami, nyaris tidak ada file-file torrent yang diberi password. Justru malah lebih lengkap. Mulai dari readme, SN, Keygen dan Patchnya sudah dibundel dalam satu file secara komplit. 

Lebih kurang itulah beberapa kelebihan mendownload pada situs torrent dan dengan menggunakan downloader torrent client sejauh yang saya alami. Jika anda tertarik ingin mencoba, sebaiknya pelajari juga beberapa hal yang juga perlu anda pahami, yaitu apa yang menyebabkan proses download dengan torrent bisa menjadi lambat. Selengkapnya bisa anda baca DISINI

Tidak ada komentar: